Handphone – Penyakit yang mungkin muncul

Penggunaan handphone (HP) memang makin populer di dunia, dan hampir di semua tempat ada orang yg memegang HP untuk bercakap-cakap. Namun penelitian para ahli ortopedi di Amerika menemukan, jika terlalu banyak memegang HP, orang dapat terserang Cubital Tunnel Syndrome (CTS).

Donna Malloy (66th) di Amerika mengatakan ia merasa kedua tangannya mati rasa ketika berbicara menggunakan HP selama berja-jam. Ia mulai menjatuhkan benda-benda dari genggaman tangan kirinya dan sulit baginya untuk melakukan pekerjaan yg menggunakan jarum. Ia mengira ia menjadi tua dan tubuhnya mulai rapuh.

Ketika berkonsultasi ke dokter, ia diberitahu terserang penyakit CTS dan dokter menyarankan ia dioperasi. Setelah operasi, Malloy mengatakan kedua tangannya mulai pulih dari syndrome itu. Ia kini memang masih menggunakan HP-nya tetapi ia menggunakan perangkat berbicara Bluetooth.

Gejala Awal

dr. Leon Benson, ahli bedah ortopedi dan juga juru bicara American Academy of Orthopaedic Surgeon, seperti dilansir Health Day News, mengatakan, “Penggunaan HP secara teru-menerus dapat membua tertekannya saraf senyar yang mengalir melalui lengan bawah dan bercabang ke tangan.”

“Peregangan saraf yng berulang kali ibaratnya seperti kita menginjak selang air,” kata dr. Peter J. Evans, Director di Cleveland Clinic’s Hands and Upper Estremity Centre, “Dengan kondisi selang seperti itu anda menghalangi aliran air. Pada siku, anda menghalangi aliran darah ke saraf, sehingga membuat macet.”

Menurut Evans, makin kuat orang membuatnya melengkung, makin besar saraf itu eregang. Tindakan tersebut membuat pasokan darah menjadi hilang, dan darah tak mengalir melalui saraf. “Meskipun saraff dirancang untuk meregang, namun tidak norma baginya untuk berada di posisi meregang selama satu ja,” kata Benson.

Gejala awal yang sering kali dialami oleh orang yg terserang CTS adalah mati rasa, gatal, dan sakit di lengan bawah dan tangan, sama seperti sakit jika tulang siku yang peka terpukul. Saat gejala brkembang, semua itu dapat meliputi hilangnya kekuatan otot, koordinasi dan daya gerak yg bisa membuat orang jadi sulit untuk menulis dan mengetik. Pada penyakit kronis yg tak diobat, jari manis dapat menjadi kaku.

Para dokter mengatakan, orang yang menderita CTS akan merasa tangan mereka lemah dan mengalami kesulitan jika membuka toples atau memainkan alat musik. “Itu dapat menghambat kemampuan orang mengetik atau menulis. Tulisan orang itu jadi tak bisa dibaca jika oenyakit terseut parah,” jelas Evans.

Penyebab Lain

“CTS adalah syndrome kompresi kedua yang paling umum yang kita saksikan. Kebanyakan orang yang terserang CTS berusia setengah baya keatas dan lebih banyak wanita dibanding pria. Meskipun alasan tepatnya belum diketahui, mungkin wanita lebih rentan akibat turun-naiknya hormon atau anatomi mereka,” kata Heather Turkop, seorang ahli terapi resiko pekerjaan dan ahli tangan yg bersertifikat di William Beaumont Hospital di Royal Oak,Michigan.

Namun para dokter juga menjelaskan, terlalu banyak menggunakan HP bukanlah satu-satunya penyebab CTS. Penyebab lain mungkin meliputi tidur dengan siku ditekuk dan melingkar di dada, duduk di meja dengan siku direntangkan dengan sudut yang lbih besar dari 90 derajat dan mengemudi dengan siku yng disandangkan di jendela mobil uk waktu yang lama.

Pada banyak kasu, perubahan sedikit gy hidup dapat membantu meringankan gejala tersebut, termasuk penggunaan perangat yg membuat tangan terbebas dari HP. Jika posisi tidur menjadi sebabnya, dengan memposisikan siku lebih lurus pada malam hari, kiranya dapat membntu.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Nah loh…
hayooo… dengan tahu artikel diatas, coba deh analisa diri kita, gaya hidup kita, posisi tidur kita…
atau… lihat gejala-gejala CTS yang kemungkinan ada pada diri kita, jangan mencoba menyembunyikannya…

About dhasibali

Just ordinary person living in Bali-Indonesia, but always willing to record whatever being experienced in life.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s