BATUK – JANGAN DISEPELEKAN!!!

Tahukan anda bahwa Batuk merupakan penyakit yang termasuk dalam lima keluhan yang paling besar/sering terjadi? Begitu seringnya gejala batuk ini hingga sering juga dianggap normal, terutama pada perokok. Namun, batuk jangan diangga sepele jika sudah berlebihan dan mengganggu. Siapa sih yang mau terbangun malam-malam karena gangguan batuk?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk melindungi paru-paru agar jalan nafas tetap bersih dari benda-benda asing. Saat batu, itu reaksi tubuh untuk tetapmempertahankan diri agar kondisi tetap stabil bila ada gangguan dari luar.

Rangsangan penyebab batuk dapat berasal dari lingkungan maupun penyakit. Jika penyebabnya dari lingkungan, maka batuk yang terjadi adalah refleks mekanisme pertahanan tubuh, misalnya tersedak makanan atau cairan, iritasi asap rokok atau kendaraan bermotor, suhu dingin atau paas.

Penyebab lainnya adalah penyakit yang berasal dari paru maupun luar paru. Penyakit paru yang menyebabkan batuk adalah infeksi (bronkitis, pneumonia, tuberkulosis), alergi (asma, reaksi alergik sistematik), dan tumor. Sedangkan penyakit luar parupenyebabnya adalah kelainan lambung seperti refluks gastroesophageal, kelainan jantung, pemakaian obat-obatan jantung, kelainan telinga dan gangguan emosi.

Mekanisme batuk terdiri atas empat fase, yakni iritasi, inspirasi, kompresi, dan ekspulsi.

Fase Iritasi, glotis secara refleks terbuka akibat kontraksi otot. Inspirasi terjadi (secara cepat dal dalam) hingga udara dalam jumlah besar dihirup msuk ke paru-paru. Sedangkan fase Kompresi dimulai dengan menutupnya glotis, otot-otot interkostal dan abdominal berkontraksi hingga tekanan rongga dada menjadi tinggi sekali.

Pada fase terakhir, yakni ekspulasi, glotis membuka secara tiba-tiba sehingga terjadi pengeluaran udara dala jumlah besar berkecepatan tinggi, disertai pengeluaran benda asing atau lendir dari saluran nafas.

DUA GOLONGAN

Secara teknis batuk dibedakan dalam dua golongan. Ada batuk kering yang tak disertai pengeluaran lendir atau hanya sedikit lendir yang keluar. Adapula batuk berlendir atau batuk produktif. Pada batuk produktif, banyak lendir yang dikeluarkan saat batuk.

 Saat batuk kering menyerang, penderita akan sangat terganggu dan merasa sakit saat batuk, sehingga diperlukan obat untuk menekan batuknya. Obat yang dianjurkan untuk jenis batuk kering adalah obat antitusif. Sedangkan untuk batuk berlendir, disarankan pemberian obat batuk expektoran, yang merangsang pengeluaran lendir dan bahan iritan lainnya dari saluran nafas. Jika btuk tidak menghilang setelah tiga minggu, sebaiknya kunjungi rumah sakituntuk melihat kemungkinan adanya penyakt tuberkulosis, kanker paru, atau penyakit lainnya.

Jadi, JANGAN SEPELEKAN BATUK ANDA……

About dhasibali

Just ordinary person living in Bali-Indonesia, but always willing to record whatever being experienced in life.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to BATUK – JANGAN DISEPELEKAN!!!

  1. Venus says:

    Thx bwt infoY.. Bru tw kl trnyata btuk it mrupakan reaksi tubuh mengeluarkan penyakit.. Ak lg btuk2 ni,mengganggu sekali. Ktnya ak kena tipes,tp qo btuk2?? Skrg br ngeh dc.. Thx a lots!

  2. Thanks for information…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s