Masuki Kondisi Relaksasi Lebih Cepat

 

Hilangkan ketegangan.

Ketegengan adalah musuh terbesar dalam memprogram pikiran. Untuk menghilangkan ketegangan pusatkan pikiran pada bagian-bagian tubuh tertentu, seperti pada kulit kepala, dahi, mata, pipi, mulut dan lain sebagainya. Rasakan bagian-bagian tubuh tersebut rileks dan bebas dari rasa tegang. Pusatkan pikiran pada bagian-bagian tersebut sekurang-kurangnyanya 5 – 15 detik. Bebaskan pikiran dari pikiran-pikiran yang tidak perlu. Yakinlah dengan sepenuhnya bawah Anda benar-benar rileks.

Tutup Mata.

Menutup mata adalah hal yang sangat dianjurkan dalam memprogram pikiran, karena dengan menutup mata sekitar 80% akan menghilangkan pengaruh luar yang mungkin akan menggaggun kosentrasi Anda.

Posisi Bola Mata.

Menempatkan posisi mata yang benar akan akan membawa Anda dalam kondisi pikiran tertentu. Ketika Anda memandang sesuatu bagain dari otak Anda akan dirangsang. Itulah sebabnya mengapa banyak orang memandang sesuatu apabila ia sedang berusaha untuk menyelesaikan masalah atau mengingat sesuatu. Tutup Mata Anda, gerakan bola mata Anda keatas. Pertahankan posisi ini. Posisi bola mata seperti ini adalah posisi pada saat kita tidur. Dengan menggerakan bola mata keatas pada keadaan mata tetutup, otak akan dipicu untuk memproduksi gelombang Alfa. Gelombang Alfa ini sangat diperlukan dalam pemrograman pikiran.

Menghitung Mundur.

Menghitung mundur dapat Anda lakukan mulai dari 50 atau 100, hal ini sangat berguna untuk memfokuskan pikiran Anda dan membantu Anda ke kondisi rileks. Sangat direkomendasikan, pada saat Anda menghitung mundur bayangkan angka tersebut mengapung dalam ruang tiga dimensi. Tambahkanlah pernyataan-pernyataan pada saat Anda menghitung seperti, … “ Sepuluh, dalam setiap hitungan mundur aku bertambah rileks dan santai ” , “ Sembilan, … Aku bertambah rileks dan santai ” , seterusnya… Pilih pernyataan yang memancing emosi Anda.

Bayangkan sesuatu yang Menyenangkan.

Membayangkan sesuatu yang membuat Anda merasa santai dan damai adalah salah satu point terpenting untuk memprogram pikiran Anda. Bayangkanlah tempat yang paling nyaman bagi Anda, misalnya tempat tidur, pantai, puncak dan lain sebagainya. Bayangkan seolah-olah Anda benar- benar berada disana. Dengan membayangkan hal tersebut emosi Anda akan dibawa kekondisi sesuai dengan apa yang Anda bayangkan. Bernapafas melalui Abdomen. Bernafas melalui Abdomen akan membawa Anda lebih cepat kekondisi rileks dan santai.

VISUALISASI

Bila kita menginginkan sesuatu maka pikiran bawah sadar akan menggambarkan apa yang didambakan itu. Dengan cara memvisualisasikan impian terlebih dahulu, terciptalah banyak sekali karya-karya spektakuler di dunia ini. Marcus Aurelius Antonius, seorang kaisar Romawi jaman dahulu mengatakan, “ A man ’ s life is what his thought make of it – Kehidupan manusia ialah bagaimana mereka memikirkannya. ”

Sesuatu yang selalu divisualisasikan manusia akan mudah terekam dalam pikiran bawah sadar. Lalu muncul kekuatan pikiran tersebut, yang berperan sebagai penghubung antara jiwa dengan tubuh. Sehingga tubuhpun bereaksi dengan mengerahkan seluruh potensi yang sebelumnya tidak pernah digunakan, dalam bentuk kreatifitas atau tindakan. Memvisualisasikan impian memungkinkan seluruh impian tercapai oleh pikiran bawah sadar.

Tuhan Yang Maha Esa menganugerahkan potensi yang sama besar kepada manusia. Tidak ada ruginya membayangkan betapa berpotensinya diri kita untuk mencapai impian-impian. Berikut ini beberapa langkah dalam memvisualisasikan impian, yaitu:

1. Relaksasi

2. Mendefinisikan impian. Mendefinisikan impian artinya memberikan batasan atau standar akan impian yang hendak dicapai. Kemudian, gambarkanlah semua impian seolah-olah Anda sudah sepatutnya meraih impian tersebut. Meskipun tindakan ini terkesan sederhana, tetapi dari gambaran impian itulah kita akan mencoba berbuat sesuatu untuk melakukan perubahan dan akhirnya dapat meraih cita-cita.

3. Menentukan target waktu. Dambakan impian itu terwujud sesuai target yang telah ditentukan, sebab impian tanpa target waktu hanya akan menjadi mimpi sesaat. Impian dengan target waktu akan menggerakkan kesadaran untuk tidak segan- segan melakukan perubahan. Maka mulailah dari sekarang, Be the best, do the best, and then let God take care the rest – Jadilah yang terbaik, lakukan yang terbaik, biarlah Tuhan yang menentukan. Potensi yang kita miliki kelihatannya sangat sayang jika tidak dioptimalkan.

4. Melakukan berulang-ulang Melakukan ulangan artinya mengkondisikan diri kita untuk lebih sering ingat akan impian kita. Jika sering ingat, maka perlahan-lahan impian itu akan tertanam di alam pikiran bawah sadar. Bila pesan sudah diterima oleh SCM (sub-conscience mind), maka dia akan menggerakkan diri kita untuk menciptakan keputusan atau menjadikan kita lebih kreatif. Jika impian lebih sering diimajinasikan ternyata dapat melipatgandakan kekuatan dari pikiran bawah sadar. Imajinasi yang diulang-ulang ini akan secara tidak langsung merangsang ilusi akan kenyataan yang luar biasa tentang potensi kita sebagai umat manusia. Sehingga diri kita akan berusaha keras mencapai impian yang divisualisasikan. Begitulah seterusnya kekuatan pikiran bawah sadar bekerja dan dibangkitkan, hingga perubahan besar terjadi dalam diri kita pada suatu waktu.

Autosugesti

Keinginan-keinginan kita merupakan informasi penting untuk pikiran bawah sadar. Sebab keinginan yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar sangat besar dapat menjadi daya dorong yang akan menggerakkan diri kita untuk berbuat sesuatu yang luar biasa. Keinginan yang sangat besar dan terekam dalam pikiran bawah sadar itulah yang dinamakan autosuggestion.

Autosuggestion seharusnya dilakukan dengan penuh rasa percaya, melibatkan emosi dalam diri, dilakukan penuh konsentrasi terhadap obyek yang positif, dan berulang-ulang. Selanjutnya, pikiran bawah sadar inilah yang akan mendikte gerak-gerik tubuh kita. Kekuatan yang ditimbulkan oleh pikiran bawah sadar itu sangat dahsyat entah digunakan untuk melakukan perbuatan buruk atau baik. Kadangkala niat untuk melakukan sesuatu secara otomatis muncul dari pikiran bawah sadar.

Autosuggestion akan mengetuk kesadaran (heartknock). Karena dilakukan berulang-ulang dan rutin, suatu ketika kata-kata tersebut akan menembus pikiran bawah sadar. Lalu pikiran bawah sadar itupun memompa semangat. Energi itu dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan impian hidup kita.

Mungkin kegiatan autosuggestion ini akan dianggap aneh oleh orang lain. Tetapi itulah salah satu cara untuk mengubah diri dari dalam. Biasakan mendengar pola pikir positif dan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang konstruktif. Jadi jangan ragu untuk melakukan budaya-budaya yang potensial, menumbuhkan optimisme dan kreatifitas.

“Kunci sukses agar sugesti ataupun auto sugesti bekerja dengan baik maka, katakanlah, dengangarkan, dan percaya, berpendirian dan penuh harapan. Dalam pengulangan sugesti akan lebih efektif apabila kata- kata tersebut mempunyai arti tersendiri bagi Anda. ”

Beberapa langka agar sugesti lebih efektif

1. Relaksasi

2. Gunakan kalimat positif. Sugesti hendaknya menggambarkan apa yang Anda inginkan buan apa yang Anda tidak ingingkan. Gunakan “ Aku percaca diri dan tegas ” jangan gunakan “ Aku bukan pemalu ” . Pikiran bawah sadar tidak dapat memproses pernyataan negatif, hindarkan menggunakan kata “ tidak ” dalam sugesti Anda.

3. Percaya dengan apa yang didengar dan dilihat (Visualisasi). Beberapa fakta membuktikan dengan mempercayai apa yang disugestikan akan mempercepat proses realisasi sugesti tersebut, apabila Anda mengalami kesulitan dalam mempercayai sugesti tersebut berpura- puralah Anda percaya, yakinkan diri Anda. Ulang secara terus menerus sampai memberikan sensasi bagi diri Anda, sampai Anda mempercainya.

4. Buat sesederhana mungkin. Jangan gunakan kata yang bertele-tele. Sugesti akan lebih efektif apabila Anda menggunakan kata-kata yang pendek dan mudah untuk diucapkan. Buatlah sugesti tersebut tidak melebihi 2 atau 3 kalimat.

5. Gunawan penunjuk waktu sekarang. Jangan pernah menggunakan kata “ akan ” , apabila hal ini Anda lakukan maka keinginan Anda dalam sugesti tersebut akan terus berada dimasa depan. Ulanglah sugesti Anda sesering mungkin. Berhati-hatilah, jangan sampai dalam pengulangan sugesti menimbulkan makna yang berbeda dari harapan Anda.

6. Berirama. Usahakan pengulangan sugesti selaras dengan keluar masuknya udara dalam paru-paru Anda. Jika Anda menggunakan pola gelombang otak Self-hypnosis selaraskan sugesti Anda dengan beat suara yang sedang didengar.

7. Bersifat pribadi. Sugesti yang Anda buat adalah kebenaran bagi bagi Anda, hal ini akan lebih efektif.

 

 ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

About dhasibali

Just ordinary person living in Bali-Indonesia, but always willing to record whatever being experienced in life.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Masuki Kondisi Relaksasi Lebih Cepat

  1. tutde says:

    nice. usul neh, cantumkan suara2 yg bisa membantu kita menuju gelombang alpha / thetha donk

  2. dhasibali says:

    Wah mas Tutde, usulnya bagus juga…
    Tapi untuk sound blum bisa saya masukkan disini. saya lagi rancang utk bisa masuk di Rapidshare ataupun di 4shared.com.
    Mudah2an sukses..

  3. yosadlzlp says:

    pake aja brainwave generator gratis kok di situ ada gelombang suara untuk masuk kedalam kondisi alpha.

  4. sugianto says:

    terimaksih atas infonya yang sangat penting ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s