GADIS BATAK – Manado – Padang – Sunda : Apa Bedanya, hehehe…

DISCLAIMER: Bacalah blog ini dengan hati dan kepala jernih. Jangan terbawa emosi. Semua yang tertuang di tulisan ini hanya berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis. Penulis tidak bermaksud untuk bersikap rasis atau chauvinis. Tidak pula bermaksud untuk menyakiti pihak atau oknum tertentu. Keterbukaan diri sangat utama dalam membaca tulisan di bawah ini. Salam kebebasan berpendapat dan berekspresi!

Yepp, tema kali ini adalah cinta dan jodoh. Entah kenapa, nampaknya minggu ini dunia dan lingkunganku tengah bergulat mesranya dengan isu ini.

Ada seorang rekan kuliahku yang tengah patah hati karena terpaksa putus (atau tengah renggang??) mengingat sang pacar dilarang orangtuanya untuk (bercita-cita) menikahi seorang wanita selain dari suku batak. Bah! Ini siyh cerita lama dan memang sudah menjadi suatu stigma. Bahwa orang BATAK itu, orangtuanya (khususnya ibunya) gak suka kalau anak laki-lakinya menikahi seorang gadis dari 3 suku di bawah ini (berikut stigma atas suku tersebut):

  1. Wanita Menado: Terkenal cantik, putih, langsat, sexy, dan toge pasar (toket gede pantat besar). Dan satu hal lagi, katanya nafsu wanita menado untuk bercinta sangat besar, bahasa kerennya HOT Abisss!! Tapi, bagi sebagian besar orang batak, melihat wanita menado itu tidak bertanggung jawab, gak perduli sama keluarga, gak sayang sama anak, pemboros, gaya hidup tinggi, tidak setia dan sex maniacs.
  2. Wanita Padang: Terkenal cantik, putih kecoklatan, manis, sexy, dan ramah. Walau nafsu wanita padang tidak sebesar wanita menado, namun banyak pria yang tertekuk dengan tarian ranjang para wanita padang ini apalagi bila berikut piringnya. Namun, orang batak melihat bahwa wanita padang, seperti kaum prianya, tidak pernah bisa dipegang ucapannya. Itu mengapa orang padang dibilang padang bengkok. Selain cengkok gaya bicaranya yang bengkok-bengkok, namun memang secara substansi, ucapannya ndak bisa dipegang.
  3. Wanita Sunda: Sangat terkenal berparas ayu menawan dan membuat horny kaum pria. Cantik tak terperi. Mukanya memelas seakan meminta sesuatu yang pria tak akan pernah tolak atau lewati. Berdasarkan penuturan seorang rekan, jepitan wanita sunda itu “gggaaaakkk nahaaaannn boooo!!” Tapiiiii, bagi orang batak, wanita sunda ini hanya perduli dengan keluarga dari pihaknya saja..pemboros..tukang dandan..dan sangat terkenal tidak setia. Tapi mereka sayang anak mereka, hanya saja mereka tidak berkenan merawatnya.

Bagaimana dengan nasib sang wanita Batak? Apa dia punya larangan untuk menikahi suatu suku tertentu?? Sepertinya (sejauh yang saya ketahui) tidak.

Ada pula sebuah cerita dari seorang rekan yang tengah bingung untuk memilih cinta dan karier. Aneh banget! Karier kok dikejar? Buat apa? BODOH! Karier itu berjalan tegak lurus dengan kerja keras dan kejujuran. Nah jodoh itu juga sama kok. Kenapa gak gapai keduanya? Hayo, apalagi alasan mu itu?! Takut gak bisa ngempanin anak bini? Takut ini? Takut itu? Takut begini? Takut begitu? S T U P I D!!!

Kalau engkau beriman kepada ALLAH SWT, ketakutan itu tentu tak beralasan. Semua masalah jodoh dan rejeki, takdir, nasib, etc..etc.. udah ditentuin jauh sebelum ditiupnya ruh kita dalam cangkang jasad ini di rahim ibu. Kita hanya memiliki tugas beribadah. Ibadah itu gak cuma shalat nunggang-nungging, komat-kamit dzikir dan tidur-tiduran orang puasa. Ibadah itu bekerja keras. Gapai jodoh dan rejeki itu, dan bersikap sabar, tawaddu dan tawakal menerima takdir dan nasib kita setelah bekerja keras tersebut, apapun hasilnya, mau bagus atau mengecewakan. Tak ada alasan untuk takut kawin!!

Ada juga seorang rekan yang curhat kalau dia takut hamil. Atau belum siap punya anak. Ahhhh, ini lebih silly lagi!!! Saya bilang aja gini “pede banget lu! gak semua suami istri yang “ngencuk” (baca:ML) itu di kasih anak bodoh!” Banyak pasutri yang telah menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk hamil. Entah karena ada suatu penyakit atau memang keturunan sulit punya anak. Bahkan mereka rela melakukan berbagai macam cara hanya untuk bisa “berisi” rahimnya, entah itu dengan menggunakan jasa mak erot bahkan ada yang sampe pake teknologi bayi tabung. Dalam hati, niy cewe kasian amat siy? Dah jadi fitrah seorang wanita untuk mengandung. Kiamat dunia kalau pria yang mengandung. Bak film Arnold Schwarzenegger.

Ada juga yang tengah bimbang untuk memilih wanita yang mana untuk dijadikan istri. Ya, tergantung. Situ mampu berbuat adil? Kalau tidak, pilih salah satu. Kalau iya, poligami lah! Repot amat (bacanya harus mirip gaya gusdur dengan ngulet-nguletin idung dan mulutnya yang suka termangap-mangap itu serta mata yang dimerem-meremin)!!!

Ada juga temen yang bingung mencari jodoh, entah itu Mr. Right or Ms.Pretty. Ah, usaha dooong! Dan jangan terlalu pemilih!! Perkawinan itu adalah ajang bagaimana kita bisa mengisi kelemahan pasangan. Kalau cari yang sudah perfect ya, lu gak ada tempat lagi untuk mewarnai kehidupan pasanganmu itu, karena dia telah sempurna dan tidak lagi memerlukan kehadiranmu itu! Percayalah! Allah SWT itu Maha Adil dan Bijaksana. Dan percayalah. Good Man deserve Good Woman and visa versa. Jadi jangan BERHARAP mendapatkan pria atau wanita yang baik atau ideal, bila kita sendiri masih BERARAKAN GAK JELAS!!!

Moral of the story:

  1. Indonesia itu luas. Membentang dari sabang – merauke. Carilah jodoh jangan dari satu suku. Dan jangan membeda-bedakan suku. Jangan mudah terpengaruh oleh stigmatisasi masyarakat terhadap suatu masyarakat tertentu.
  2. Jangan pernah memutuskan untuk menikah bila tanpa kehadiran cinta karena sekadar memenuhi atau membahagiakan orang tua. Jaman siti nurbaya sudah lalu. Apa lagi jaman naga bonar yang telah padam sejak indonesia MERDEKA!
  3. Jangan MALAS! Kejar jodoh dan rejeki yang telah ditetapkan YANG MAHA KUASA atas dirimu! Jangan nunggu durian runtuh karena kalo kena kepala bisa di opnam atau brainstorm (baca:geger otak! Halaaaah!!)
  4. Jangan Pemilih! Jadikan hati menjadi radarmu dan akalmu untuk filter! Itu kenapa Shakespeare di Romeo and Julliette mengatakan “Love looks not with the eyes, but with the mind, and therefore is the winged cupid painted blind”. Tolong ya para wanita, INGET!: MUKE GAK JAMINAN MASA DEPAN!!!! Jadi jangan liat cowo ganteng langsung mengsa-mengse….kecian kan cowo yang agak kurang ganteng…padahal masa depannya lebih baek… Yang penting, cari jodoh itu adalah: KETAKWAAN KEPADA ALLAH SWT!! Jangan mau cari yang KAFIR!!!
  5. Jangan tolak rejeki. Punya anak disyukuri. Jangan dihalang-halangi rejeki itu!!
  6. SETIAAAAAAA! Jangan kau kecewakan pasanganmu. Ini berlaku bagi yang telah menikah atau tengah Pacaran!! Inget ya!!! Setia itu bukannya SEnang TItitnya Aja! Suka duka, jalani bersama! Jangan selingkuh. Bayangin, kalau elu diselingkuhin. Sak no rek!
  7. Jangan lupa Shalat, dzikir, dan puasa!!! INI MESTI KUDU WAJIB HARUS!! Non-negotiable and derogable obligations!!!

Ok deyh, kebanyakan ngoceh, pegel juga, dah gitu, jari udah keriting ngetiknya.

Semoga Sukses!!

About dhasibali

Just ordinary person living in Bali-Indonesia, but always willing to record whatever being experienced in life.
This entry was posted in My Post. Bookmark the permalink.

24 Responses to GADIS BATAK – Manado – Padang – Sunda : Apa Bedanya, hehehe…

  1. tutde says:

    wakakaka. emang bener gitu koq. Masalah tutde juga. DUh Pusinggg mikir perasaan wanita. Susah di mengerti. Capee Dee

  2. dhasibali says:

    ya.. begitulah… tetapi yang diatas tadi hanyalah sebuah cerita blooging… aplikasinya tentu ke masing-masing (artinya Blum tentu benar kan?)…

  3. dhasibali says:

    ya.. begitulah… tetapi yang diatas tadi hanyalah sebuah cerita blogging… aplikasinya tentu ke masing-masing (artinya Blum tentu benar kan?)…

  4. iwyrobi says:

    Hidup memang harus diperjuangkan, kalau cuman nunggu tidur aja seharian. dijamin K.O.

    spt kata orang bijak, bekerjalah, sesuai pekerjaanmu, berkeluargalah sesuai dengan jodohmu.

    artinya ya jangan diam aja. nungguin durian runtuh itu hahaha

  5. scyeliza says:

    masing-masing daerah ada keunikannya…tapi semua kembali kepada diri sendiri n kebutuhan HIDUP

  6. scyeliza says:

    karena keadaan seseorang bukan berdasarkan dari mana dia lahir tapi apa yang dia hadapi…???!!!

  7. zulay says:

    Gadis batak gimana sih…
    KOTAK-KOTAK gitu kali ya…

  8. ANDY says:

    setuju bgt……..njalanin apa ja kalo ga da hati mang ga nyaman…

    kalo ga pcaya coba deh km nyium cew yg sama sekali km ga CINTA trs bandingkan ma km nyium cew yg km cinta bgt pasti rasanya beda(di dada rasanya ada yg meledak booommmmmmm)h eee eeee….tau kan maksudku……………

  9. Kang Asep says:

    wew.. bener banget gan

  10. idegeram says:

    hmm..
    saya pilih gadis sunda.. :)

  11. bassal says:

    wah gilak! saya sangat trsinggung kalo dibilang wanita padang ucapannnya ga bisa di pegang, tiap orang tu,.. beda-beda lagi…
    pengalaman pribadi ya?

    • ani says:

      setujuuu,, saya juga tersinggung kalo gadis sunda di generalisasi seperti itu… karna saya orang sunda, tapi saya tidak seperti itu…

  12. Hmm says:

    1.Soal cewe Sunda jujur pengalaman keluarga ma tetangga berjibun & mmg persis (gw berdarah pdng 1/4 jd tau kalo org pdng itu ngomongnya pake amsal,pantun & pepatah baik kritik/halus & suka gk ngarti org non padang makanya diblg krg konsisten padahal…) org Batak yg dikeluarga terkenal pekerja keras tapi suka gk bisa menempatkan diri (lbh berani drpd yg berhak)
    2.Gw percaya takdir mknya gk ngoyo,soal jodoh? sdh praktek,gk prnh nyari,gk kenal,gk ngarep tiba2 dtg tmn kk dtg minta kenalan gk lama kemudian minta kawin…(gk pacaran,srg nolak tp akhirnya tau sendiri)
    3.Setia mah kudu 2 belah pihak wong yg dihitung semuanya,gk cewe aja.
    4.Orang tua suka ksh komen soal org Sunda dll bgn bgt berdarkan pengalaman,faktanya kita2 yg ank bawang suka anggap remeh,pas sdh praktek baru nyadar kalo omongan itu ada dasarnya…

  13. fmy says:

    kalau lombok pula macam mana wanita dan prianya ?

  14. Ruby says:

    Kocak dan inspiratif :D

  15. sinambela says:

    Gadis batak jarang yang cantik kurang feminim dan kurang pandai bersolek

    • maickel says:

      inang2 batak kalo udah nikah, cuma pake daster itu2 aja smp koyak2..
      tp mslh setia dan semangat membangun keluarganya, wajib diacungin jempol!!

  16. sinambela says:

    Hampir tak pernah saya dengar gadis batak kawin dengan daerah lain karena kurang Pede

  17. ani says:

    wewwww,, gak semua gadis sunda, menado, dan padang kaya begitu.. saya orang sunda,, dan saya tidak seperti gadis sunda yang di apaparkan di atas,, gak semua gadis sunda kaya begitu,, kenali dlu orang dan latar belakangnya,, baru menilai,,, kalo belum kenal tapi udah menilai seperti itu Not Fair,,, wlpun memang sya akui beberapa gadis sunda memang ada yang seperti itu,, tp tidak semua…

    jangan mengkotak2an orang karna suku lah,, toh kita semua sama di mata Tuhan,, yang ngebedain tigal akhlak kita ja…

    berbeda itu indah,, tanpa perbedaan,, duia tidak akan berwarna..

  18. samid says:

    mantap gan…..

  19. RAHMAN says:

    GADIS BATAK KASAR MAKANYA CWOK G SUKA, KATA – KASAR

  20. louit says:

    lah kalo gadis batak gimana? muka petak kayak kardus.. puki busuk… suara keras.. gitu ya gan/

  21. kota kaya says:

    Gadis jawa gimana pula?kata orang gadis jawa gemar pada ilmu setan..KEMUKUS contohnya :D

  22. Jo says:

    ..cw batak tuch terkenal paling setia.
    ..yg blang cw btak itu kasar hanya orang GOBLOK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s